Minggu, 26 Februari 2012

Bab 5 Skripsi


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1         Kesimpulan Hasil Penelitian
Pada Bab I telah diungkapkan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arus kas, ukuran perusahaan dan laba akuntansi terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, baik secara parsial (sendiri-sendiri) maupun simultan (bersama-sama).
Penelitian ini menggunakan alat pengujian analisis linier berganda, yaitu software SPSS versi 17.0 for windows. Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1.  Secara parsial (sendiri-sendiri) total arus kas mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap harga saham, sehingga Ho1 ditolak dan Ha1 diterima.
2.  Ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap harga saham, sehingga Ho2 ditolak dan Ha2 diterima.
3.  Laba akuntansi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap harga saham, sehingga Ho3 ditolak dan Ha3 diterima.
4.  Terdapat pengaruh yang signifikan antara arus kas, ukuran perusahaan, dan laba akuntansi secara simultan (bersama-sama) terhadap harga saham. Sehingga Ho4 ditolak dan Ha4 diterima.

5.2         Keterbatasan Penelitian
1.  penelitian ini hanya menggunakan 3 variabel bebas, sedangkan masih ada banyak variabel lain yang mempunyai kemungkinan mempengaruhi harga saham.
2.  Dalam penelitian ini menggunakan sampel yang diambil dari populasi perusahaan manufaktur di bidang konsumsi. Peneliti belum melakukan pengujian dengan sampel yang diambil dari populasi perusahaan manufaktur di bidang yang lain.
3.  Periode pengamatan yang 4 tahun (2007, 2008, 2009, 2010), terlebih pada tahun penelitian tersebut, khususnya 2008 sedang terjadi krisis global di Amerika yang sedikit banyak mempengaruhi tingkat laba akuntansi yang diperoleh perusahaan.

5.3         Saran
1.  Bagi peneliti berikutnya yang akan melakukan penelitian dengan topik sejenis disarankan hendaknya untuk menambahkan tahun pengamatan dan menggunakan atau menambahkan variabel lain yang belum dimasukkan dalam penelitian ini.
2.  Bagi perusahaan, hendaknya penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memprediksi harga saham dengan melihat pengaruh arus kas, ukuran perusahaan, dan laba akuntansi terhadap harga saham.
3.  Bagi akademisi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan khususnya tentang arus kas, ukuran perusahaan, dan laba akuntansi terutama pengaruhnya terhadap harga saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar