Senin, 15 Desember 2014

Contoh Hasil Uji Asumsi Klasik Normalitas dengan P-Plot



Uji Normalitas
              Uji normalitas adalah pengujian tentang kenormalan distribusi data. Penggunaan uji normalitas karena pada analisis statistik parametik, asumsi yang harus dimiliki oleh data adalah bahwa data tersebut harus terdistribusi secara normal. Maksud data terdistribusi secara normal adalah bahwa data akan mengikuti bentuk distribusi normal (Santosa&Ashari, 2005:231). Uji normalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam sebuah model regresi, variabel dependen dan variabel independen atau keduanya mempunyai distribusi normal atau tidak.Jika data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal maka model regresi memenuhi asumsi Normalitas. Dan Jika data menyebar jauh dari garis diagonal atau tidak mengikuti arah garis diagonal, maka model regresi tidak memenuhi asumsi normalitas.                                                               
              Untuk mengetahui data berdistribusi secara normal dilakukan uji normality P-P Plot, jika data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal, maka data dapat dikatakan normal.
Hipotesis :
Ho = Data berasal dari populasi berdistribusi normal
Ha = Data berasal dari populasi yang tidak berdistribusi normal
Berikut gambar normalitas pada model.
Gambar 4.1
Uji Normalitas

 


Dari tabel di atas, hasil pengolahan data diperoleh bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi secara normal, dimana data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal. Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa data berasal dari populasi berdistribusi normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar