Senin, 15 Desember 2014

Contoh Hasil Uji Regresi Linear Berganda dengan Metode Enter



Uji Regresi Linier Berganda
              Uji regresi linier berganda dimaksudkan untuk mengetahui besarnya pengaruh secara kuantitatif dari perubahan X terhadap perubahan Y apakah positif atau negatif, dan memperkirakan atau meramalkan nilai Y bila variabel X yang berkorelasi dengan Y mengalami kenaikan atau penurunan.

Tabel 4.6

Variables Entered/Removed

Model
Variables Entered
Variables Removed
Method
1
laba_akuntansi, arus_kas, total_aktivaa
.
Enter
a. All requested variables entered.








              Hasil tabel di atas menunjukan bahwa motode yang digunakan untuk mengolah regresi ini adalah motode enter. Dan tidak ada variabel yang dikeluarkan (removed) atau dengan kata lain ketiga variabel bebas yaitu arus kas, total aktiva, dan laba akuntansi dimasukan ke dalam perhitungan regresi linear berganda dengan menggunakan metode enter.
Tabel 4.7


Model Summaryb

Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
Durbin-Watson
1
.759a
.576
.549
1.34348
1.875
a. Predictors: (Constant), laba_akuntansi, arus_kas, total_aktiva

b. Dependent Variable: harga_saham









              Berdasarkan tabel di atas diperoleh angka R sebesar 0.759 terletak diantara interval 0,71 s/d 0,90. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang  sangat kuat antara arus kas, ukuran perusahaan, dan laba akuntansi terhadap Harga Saham.
              Menurut Santoso dalam Priyatno (2008:81), Adjusted R square  adalah R square yang telah disesuaikan nilai ini selalu lebih kecil dari R square dari angka ini bisa memiliki harga negatif, bahwa untuk regresi dengan lebih dari dua variabel bebas digunakan Adjusted R2 sebagai koefisien determinasi. Koefisien determinasi (regresi) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi X terhadap naik turunnya Y. Dari Tabel di atas  Adjusted R Square sebesar 0.549 atau 54,9% hal ini berarti bahwa prosentase kontribusi variabel arus kas, ukuran perusahaan, dan laba akuntansi terhadap Harga Saham sebesar 54,9% sedangkan sisanya sebesar 45,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar