Senin, 17 Februari 2014

Rekonsiliasi bank (termasuk unsur”nya)



1.       Rekonsiliasi bank (termasuk unsur”nya)

·         Pengertian : laporan yang menjelaskan perbedaan antara saldo menurut rekening Koran bank dengan saldo menurut pembukuan perusahaan pada tanggal tertentu. Atau suatu prosedur penyamaan atau pencocokan antara catatan perusahaan dengan catatan bank.
·         Unsur” :
Beberapa penyebab perbedaan antara seldom menurut pembukuan perusahaan dengan laporan bank adalah sebagai berikut :
1.          bank belum mencatat transaksi tertentu
a.        Setoran perjalanan. Perusahaan telah mencatat setoran perjalanan tetapi bank belum mencatatnya karena kemungkinan-kemungkinan berikut :
§  Bank membuat aturan intern bahwa setoran  yang dilakukan pada akhir bulan akan dicatat selang satu hari kerja berikutnya.
§  Bank membuat aturan intern bahwa setoran diatas pukul 12:00 baru dicatat selang satu hari kerja berikutnya.
§  Setoran melalui ATM dicatat selang satu hari kerja berikutnya
§  Setoran dengan prosedur kliring dicatat dengan selesainya proses tersebut. Jika kliring selesai pada pukul 10:00, sehingga setoran dengan prosedur kliring yang diterima bank setelah pukul 10:00 baru dapat diselesaikan pada hari kliring berikutnya.
Prosedur pemeriksaan untuk menemukan setoran perjalanan adalah membandingkan semua setoran menurut slip setoran dengan setoran yang Nampak dalam laporan bank. Setoran perusahaan yang tidak tampak dilaporan bank adalah setoran dalam perjalanan
b.       Cek dalam perjalan (cek masih beredar). Cek yang ditarik dantelah dibukukan oleh perusahaan, tetapi bank belum mencatatnya.
2.          Perusahaan belum mencatat transaksi tertentu.
a.        Penerimaan kas melalui bank. Bank kadang-kadang melkukan penerimaan kas untuk dibukukan kedalam rekening giro perusahaan, tetapi transaksi semacam ini terkadang belum diketahui oleh perusahaan, sehingga perusahaan belum mencatatannya.
b.       Biaya administrasi bank. Bank biasanya membebankan sejumlah biaya untuk menangani transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pemegang giri. Pada umumnya biaya administrasi bank baru diketahui setelah perusahaan menerima laporan bank.
c.        Pendapatan bunga atau jasa giro. Jumlah bunga atas saldo giro yang menjadi pendapatan perusahaan biasanya baru diketahui setelah perusahaan menerima laporan bank.
d.       Cek kosong dari konsumen atau debitur. Apabila perusahaan menerima cek kosong biasanya hal itu baru diketahui pada saat bank menerima laporan bank.
e.       Cek dikembalikan kepada penyetor karena alasan lain( bukan cek kosong ). Bank terkadang mengembalikan cek kepada penyetor karena alasan-alasan berikut :
§  Rekening penarik telah ditutup
§  Cek telah kadaluwarsa
§  Tandatangan yang terdapat pada cek tidak sah
§  Terdapat kesalahan dalam penulisan cek
3.          Bank atau perusahaan ( atau kedua-duanya) telah melakukan kesalahan pencatatan

D.    Tahap-tahap penyusunan rekonsiliasi bank
    1. Mulailah dengan saldo yang tercantum dalam laporan bank dan saldo yang tercantum dalam rekening  kas perusahaan (saldo per buku)
    2. Tambahkan atau kurangkan pada saldo per bank, hal-hal yang tercantum dalam pembukuan perusahaan tetapi tidak tercantum dalam laporan bank
1.       Tambahkan setoran dalam perjalanan pada saldo per bank. Setoran dalam perjalanan adalah setoran yang tercantum dalam perusahaan, tetapi tidak tercantum sebagai setoran dalam laporan bank pada bulan yang bersangkutan
2.       Kurangkan cek dalam perjalanan dari saldo per bank. Cek dalam perjalanan adalah cek yang telah dikeluarkan oleh perusahaan tetapi tidajk Nampak dalam laporan bank. Pembandingan ini juga merupakan pengujian bahwa semua cek yang telah dibayar oleh bank adalah merupakan cek perusahaan yang sah dan telah dicatat dengan benar, baik oleh bank meupun perusahaan
    1. Tambahkan atau kurangkan pada saldo per buku, hal-hal yang tercantum dalam laporan bank tetapi tidak tercatat dalam pembukuan perusahaan :
i.         Tambahkan pada saldo perbuku
§  Penerimaan-penerimaan kas langsung melalui bank
§  Pendapatan bunga atas saldo giro di bank
ii.   Kurangkan dari saldo per buku
§  Biaya administrasi bank
§  Biaya pencetakan cek
§  Pengurangan yang telah dilakukan oleh bank lainnya (misalnya pengurangan karena adanya pengembalian cek kosong atau cek yan gtelah lewat waktu)

    1. Hitunglah saldo per bank yang telah disesuaikan dan saldo perbuku yang telah disesuaikan. Kedua saldo itu harus sama
    2. Buat jurnal untuk setiap hal pada langkah-langkah diatas yaitu hal-hal yang tercantum pada sisi per buku
    3. Perbaiki kesalahan yang terdapat dalam pembukuan perusahaan dan memberitahukan ke bank jika benk telah melakukan kesalahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar